Memperkenalkan pendingin Air Conditioner (AC) Semarang

Service AC Semarang Jett Cool Memperkenalkan Sistem Pengkondisian Udara


Merupakan suatu perangkat yang mutlak diperlukan , mungkin karena semakin memanasnya permukaan bumi akibat berkurangnya hutan-hutan didunia, termasuk juga diIndonesia. Sehingga banyak sekali gedung gedung perkantoran ataupun bahkan tempat tinggal harus menggunakan sistem pendingin untuk mengatasinya. Selain sebagai sistem pendingin ternyata alat ini juga mampu menciptakan suatu suasana yang berbeda tatkala didesain sedemikian rupa sehingga mampu menambah nilai arsitektur dari ruang yang ditempatinya.
Akibat dari adanya tuntutan suasana yang berbeda-beda inilah akhirnya muncul berbagai type sistem pendingin,mulai dari yang portable, package sampai yang berkapasitas besar atau central.


Didalam penjelasan ini kita akan coba pahami tentang apa yang dimaksud dengan pengkondisi udara itu sendiri,

Pengkondisi udara atau lebih dekat dikenal dengan Tata udara,
Tata Udara adalah suatu sistem yang diperuntukkan untuk mengkondisikan udara baik temperatur , kelembaban ataupun kecepatan geraknya sesuai dengan yang kita rencanakan.
Secara sistem tata udara digolongkan menjadi dua sistem:

Pertama :
Sistem Pemanasan ,bagi negara-negara yang bersuhu dingin ia membutuhkan sistem pemanasan untuk meningkatkan temperatur udara sehingga terasa nyaman bagi tubuh manusia. Sistem ini tak ubahnya sistem pendingin kebanyakan hanya saja perletakan dari perangkat kondensat dan evaporation ditukar, bahkan pada daerah negara yang mempunyai beberapa musim termasuk musim panas dan musim dingin ia membuat kombinasi sistem sehingga anda bisa melihat pada katalog-katalog produk terdapat cooling and hoting atau hanya cooling only saja , sebab itu maknanya sistem yang dipakai.

Kedua :
Sistem Cooling / Pendinginan, Sistem ini diperuntukkan bagi daerah-daerah yang beriklim panas seperti indonesia misalnya. Sistem ini terdiri unit kondensat yang biasa diletakkan diluar ruangan dan unit evaporation yang diletakkan didalam ruangan. Namun dalam penjelasan ini kita hanya akan bahas mengenai sistem pendigin saja. Adapun penjelasan singkat mengenai sistem pendingin dapat anda baca dihalaman berikut : 

Jenis pendingin berdasarkan sistem transformasi udara
- Sistem pendingin transformasi udara langsung

- Pada sistem ini udara dari unit  langsung mendinginkan udara ruangan

- Sistem pendingin transformasi udara tidak langsung

- Pada sistem ini udara  dingin dari unit tidak langsung berhubungan dengan udara ruangan melainkan harus melewati suatu saluran udara atau ducting,sistem ini banyak dipakai untuk jenis Ac package atau jenis ceiling.
- Jenis pendingin berdasarkan sistem perpindahan energi

- Sistem pendingin dengan perpindahan energi secara langsung

- Pada sistem ini udara langsung berhubungan dengan coil pendingin ,terdapat pada jenis Ac dengan kapasitas kecil sampai menengah.

- Sistem pendingin dengan perpindahan energi secara tidak langsung

- Pada sistem ini udara tidak berhubungan dengan coil pendingin melainkan dengan media fluida seperti air atau yang lain ,sedangkan air itu sendiri yang berhubungan dengan coil evaporation,sistem ini banyak dipakai untuk mesin pendingin central yang berkapasitas besar ( chiller )


Jenis pendingin berdasarkan type unit
Sistem pendingin jenis split :

Banyak dipakai untuk ruang kantor , kamar tidur ,apartemen, perumahan, dan lain-lain karena bentuknya yang praktis dan perawatannya yang mudah, memiliki kapasitas yang relatif mudah disesuaikan dengan kondisi ruangan, mulai dari 0.5 pk , ¾ pk , 1 pk, 1.5 pk, 2 pk dan 2.5 pk

- Sistem pendingin jenis window : banyak dipakai untuk ruang –ruang yang tidak permanent bahkan belakangan ini jarang diminati karena kurang bagus untuk desain interior,sekarang hanya dipakai untuk ruang – ruang kantor pembangunan yang tidak memerlukan keindahan ruang, bentuknya memang sederhana ,praktis dan mudah dipindahkan sewaktu waktu ada perubahan lokasi.

- Sistem pendingin jenis Floor atau lebih dikenal dengan Ac Floor Standing : Ac jenis ini banyak dipakai pada ruang – ruang yang memperhatikan keserasian perabot ruangan ,karena bentuknya yang menyerupai almari sehingga tidak  nampak bahwa benda itu adalah mesin pendingin. Bahkan kadang kala ada juga yang sengaja menempatkannya dalam suatu rak dari kayu untuk menyerasikan dengan perabot rumah yang terbuat dari kayu juga.

- Sistem pendingin jenis Ceiling / Ceiling Cassete : jenis ini cocok untuk ruang perkantoran ,ruang rapat ,laboratorium ,ruang tamu dan lain- lain,bentuknya sangat sesuai jika digabungkan dengan perangkat penerangan ,sound system ,alarm dan lainnya namun jenis Ac ini menyulitkan dalam servisnya jika dibawahnya terdapat perangkat –perangkat yang susah dipindahkan dan berkaitan dengan elektronic seperti komputer misalnya.

- Ceiling Suspended : jenis ini cocok untuk  ruangan  yang luas  dan tinggi namun tetap menginginkan agar unit tersebut sebagai salah satu dari desain interior ruangan. Sehingga menambah nilai arsitektural ruangan .selain itu ia memiliki  daya hembusan udara yang  cukup jauh.

- Ceiling Concealed : jenis ini sangat cocok untuk ruang –ruang yang lebar seperti hall ,lobhy ,supermarket ,ruang rapat dan lain –lain karena ia tersedia dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar.dapat menyesuaikan kondisi interior karena ia terletak didalam plafon ,output udaranya dapat ditempatkan sesuai desain .

Sistem pendingin jenis Central / Chiller   


- Chiller Air Cooler : Sistem ini menggunakan udara sebagai pendingin kondensor ,sehingga penempatan mesin harus berada diluar ruangan ,dan biasanya pada gedung-gedung yang besar ditempatkan dilantai dak.

- Chiller Water Cooler : Sistem ini menggunakan air sebagai pendingin kondensor ,ia memerlukan sebuah cooling tower untuk mendinginkan air condensor.sedangkan air pada cooling tower itu sendiri didinginkan oleh udara dengan bantuan blower.
Dengan sistem ini mesin dapat ditempatkan didalam ruangan ,dan bisanya ditempatkan di basement bangunan. Terkecuali cooling towernya harus ditempatkan diluar ruangan karena udara panas harus dibuang keudara bebas.

Pada istilah umum air conditioner ialah perlengkapan untuk memelihara udara didalam ruangan agar temperatur serta kelembaban sesuai yang diinginkan. Apabila di dalam ruangan temperaturnya tinggi, maka panas ruangan diambil agar temperatur turun disebut pendinginan. Sebaliknya, ketika temperatur ruangan rendah, panas akan diberikan oleh sistem agar temperatur naik [disebut pemanasan] Sebagai tambahan, kelembabannya ditambah atau dikurangi agar terasa nyaman.Dengan demikian, perlengkapan yang diperlukan untuk suatu air conditioner terdiri atas cooler, heater, moisture controller dan ventilator

Berikut mengenai perkenalan AC untuk Jasa Service AC di Semarang.

Info terkait kunjungi: semarangservice.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Pasang AC Pedurungan Semarang Timur

Harga dan Biaya Jasa Service AC Semarang

CARA MEMPERBAIKI KOMPRESOR AC