Cara melakukan perbaikan AC 

Cara melakukan perbaikan AC SPLIT

ALAT-ALAT YANG DIPERLUKAN :
1.Tang Ampere Berfungsi untuk mengukur arus yang diperlukan kompresor ac saat starting dan saat running. Dimana saat starting ampere yang terbaca dapat mencapai 5 A namun saat running ampere yang tertbaca harus kurang dari 1,5 A. Apabila ampere saat running masih besar maka dimungkinkan lilitan untuk startingnya tidak dapat lepas (OFF )

2.Refrigerant 22 Berfungsi sebagai gas yang dipakai untuk system AC Split ini . Untuk AC mobil . dahulu menggunakan refrigerant R12 sama seperti kulkas namun saat ini mobil dan kulkas sudah menggunakan refrigerant R134a yang dinyatakan telah ramah lingkungan.

3.Manifold GaugeBerfungsi untuk mengetahui tekanan system AC saat pengisian , proses vacuum dan juga berfungsi sebagi alat untuk mengisi refrigerant ke sisitem .

4.Cutting PipeBerfungsi sebagai alat pemotong untuk pipe – pipe tembaga atau kuningan pada air conditioner , penggunaannya dengan cara pipe di jepit diantara roller dan tools tersebut diputar dengan tangan

5.Bend Pipe ToolsBerfungsi untuk membuat lekukan pada pipe. Apabila tidak menggunakan tools ini maka pipe dapat berbentuk pipih saat dilekukkan sehingga membentuk suatu orifice dan akan mempengaruhi kinerja dari proses refrigerant saat bersirkulasi.

6.Flaring ToolsBerfungsi untuk melebarkan sisi luar dari pipe air conditioner. Akibat dari melebarnya ujung dari pipe ini maka pipe dapat disambung atau dilengkapi dengan ulir.

7.Press ToolsBerfungsi untuk mengecilkan/press ferrule dari hose.

8.FilterBefungsi sebagai penyaring kotoran dalam system dan dipasang setelah kondensor. Terdapat filter kering dan filter isi. Filter kering didalamnya tanpa ada butiran silica gelnya dan filter isi didalamnya terdapat silica gel. Untuk filter kering sebelum dilakukan pemasangan biasanya di beri minyak TOZONE sebagai pengikat kandungan airnya. Cara mengetahui apakah filter ini kering atau isi adalah dengan cara menggoncang – goncangkannya.

9.Vacuum PumpBerfungsi sebagai alat untuk melakukan pevacuuman pada system sebelum air conditioner ini dlakukan pengisian yaitu dengan tujuan untuk menghilangkan kandungan udara dalam system sehingga kandungan udara tersebut tidak dapat berkondensasi yang akan merusak system sirkulasi refrigerant

10.Welding PortableBerfungsi sebagai alat untuk melakukan pengelasan dengan bahan bakar lasnya berupa gas elpigi.

11.Tools – tools pendukung lainnya berupa tools standartSeperti tools srew driver ( obeng ) , open end ( kunci pas ) dll.Untuk melakukan pengelasan pada pipa AC ini menggunakan bahan las berupa KAWAT LAS PERAK. Bukan berarti terbuat dari perak namun saat selesai dilakukan pemanasan pada pipanya akan berwarna putih seperti perak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Pasang AC Pedurungan Semarang Timur

Harga dan Biaya Jasa Service AC Semarang

CARA MEMPERBAIKI KOMPRESOR AC