CARA MEMPERBAIKI KOMPRESOR AC

Penyebab kompresor AC macet dan cara memperbaikinya part 2


Baiklah di part ke 2 ini saya ingin melanjutkan sedikit  pengetahuan kepada pembaca mengenai kerusakan yang terjadi pada compresor ac. dan pada umumnya kerusakan yang fatal pada sebuah unit AC ialah compresor, sekarang akan kita ulas bagaimana cara menangani dan mengetahui bagaiman kerusakan compresor ac itu terjadi, mari kita baca ulasanya di bawah ini.


Berikut adalah macam kerusakan pada AC dan cara menangani kerusakanya


Pertama               : Fin kondensor / out door kotor , karna pengguna atau pemilik AC sering mengabaikan kebersihan AC maka meyebabkan pressure Freon meningkat sehingga ampere compressor pun ikut naik. Secara akalpun dapat kita fikirkan, apabila kondensor atau kisi2 pada mesin outdor itu tersumbat oleh kotoran maka panas yang ada pada kondensor ( panas yang di sebabkan oleh sirkulasi freon ) tidak dapat di buang oleh Fan / sering juga kita sebut kipas baling baling. Apabila ampere compressor melebihi standart maka compressor pun akan cepat mengalami over temperature / kerusakan.

                        SOLUSI : Bersihkan unit out door dan indoor secara rutin minimal 3 bulan sekali untuk ac yang bekerja selama 24 jam non stop..


Kedua                   : Compresor termal  1

Compresor termal bisa terjadi karena Freon habis,  yang menyebabkan kerja compressor sangat berat hal ini dikarenakan Freon yang mana sebagai media pendingin  sudah tidak ada lagi didalam system, sedangkan permintaan energy dingin terus berlangsung.

SOLUSI : Cari titik kebocoran sebelum ditambah Freon, biasanya terjadi pada sambungan neple pipa tembaga, bisa kurang kencang, bisa juga pipa pecah atau hasil pleringan melipat.

CIRI – CIRI : Ada bekas oli yang keluar pada sambungan tersebut. 


Ketiga                   : Compresor termal 2

Compresor termal bisa terjadi karena voltage drop, yang akan meyebabkan ampere meningkat.

SOLUSI : Alangkah baiknya kalau dipasang stabilizer tegangan, hal ini akan menyebabkan mesin mesin rumah tangga lebih awet.


Keempat             : Compresor sering rusak

Pastikan pemasangan AC anda benar, posisi kondensor  harus lebih rendah dari posisi evaporator, kenapa?

Apabila kondensor  diatas maka oli pada compressor akan sangat mudah turun ke evaporator, sedangkan untuk kembali ke kondensor oli sangat susah. Hal ini menyebabkan bussing pada AS compressor mudah aus. Al hasil compressor macet.

SOLUSI : Pasanglah AC secara benar.


Apabila compressor yang mengalami termal tersebut dipaksa bekerja tanpa ada perbaikan lebih lanjut maka siap siap compressor anda akan macet lalu terbakar.

Untuk compressor macet sendiri bisa disebabkan adanya kerak oli yang menempel pada klep sehingga klep dan pompa macet.

SOLUSI : Lepaskan compressor dari unit, buang oli yang ada didalam compressor, bersihkan sisa oli compressor menggunakan R11, tembak dengan R22 agar kotoran mudah keluar, hidupkan compressor dengan putaran terbalik ( caranya tukar terminal capasitor ) ulangi sampai 3 x.


Apabila cara tersebut masih belum bisa, Saya yakin As bushing pompa sudah aus

SOLUSI : Belah unit compressor pada sambungan las lasan atas dan bawah, bongkar pompa dan rotor, perbaiki As rotor yang aus, pasang kembali. Pastikan sambungan rapat dan kotoran tidak masuk ke kompresor.

Namun apabila gulungan compressor sudah terbakar, maka lebih baik anda beli compressor baru.


Sekian postingan dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk rekan- rekan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan.



Regards

Heri santoso 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Pasang AC Pedurungan Semarang Timur

Harga dan Biaya Jasa Service AC Semarang